Label

Rabu, 21 November 2012

Impian Agrowisata.........\(*-*)/

Agrowisata........
???????
Agro = pertanian
Wisata = plesiran

Agrowisata = pertanian untuk plesiran, mungkin begitu artinya walau sangat ngacoooo....

Aku merupakan anak desa yang mana merupakan desa pertanian. Yah... desaku Desa Pancasari merupakan desa yang sebagian besar warganya bertani, termasuk keluargaku juga. Hasil pertanian di desaku sangat beragam mulai dari sayuran, bunga dan buah-buahan. Namun, tidak semua jenis tanaman dapat tumbuh karena kondisi iklim yang dingin.

Kini banyak berkembang teknologi pertanian hingga mendapatkan hasil yang optimum. Namun, dengan kondisi sekarang ini pertanian harus bersaing dengan pariwisata, yah...... Bali yang merupakan tujuan wisata seluruh dunia sangat mempengaruhi perkembangan pertanian. Bagaimana tidak lahan pertanian produktif banyak dialokasikan untuk pembangunan fasilitas wisata mulai dari hotel, restoran, pusat oleh-oleh, dll. Keadaan kian memprihatinkan ketika hasil pertanian tidak lagi memberikan hidup layak pada petani yang menyebabkan petani enggan untuk bertani dan memilih menjual tanah mereka kepada investor. Di desaku sendiri ada beberapa lahan pertanian yang sekarang telah berubah menjadi bangunan beton untuk menunjang kegiatan wisata di desaku.

Sungguh prihatin, aku yang hanya bau kencur harus berkata apa, tapi untunglah ada beberapa orang yang peduli dengan kondisi pertanian di desaku. Keluargaku sendiri masih menggiatkan pertanian karena hasilnya merupakan tumpuan hidup kami. Beberapa lahan pertanian dikelola dengan baik untuk membangun agrowisata, jadi dengan adanya agrowisata ini diharapkan adanya hubungan selaras antara pertanian dengan pariwisata. Berkembangnya agrowisata diharapkan tidak hanya untuk petani yang bermodal besar tapi melingkupi semua petani yang ada di desaku sehingga  petani dapat hasil yang layak.

Ingin rasanya ikut membangun desaku ini. Semoga dengan tulisan ini, dapat membantu promosi agrowisata di desaku. Berikut merupakan salah satu kegiatan agrowisata di desaku dengan komoditas andalan strowbery....

By : Nyoman Mara

1 komentar:

  1. numpang promo yach admin....:)

    poker online uang asli indonesia terbaik dan terpercaya
    agen poker online indonesia,oliviaclub.net wadah anda untuk mencari uang sampingan lho..
    regular jackpot dan global jackpot menanti anda lho,,,
    nikmati juga bonus yang diberikan nih,,,
    -promo bonus 10%(dihitung 3 kali deposit)
    -promo bonus 100%(berlaku kelipatan)
    -ada juga lho promo2 menarik lainnya,,
    yuk gabung,jangan sampai ketinggalan yaa,,,,
    kunjungi blog http://chaniaj.blogspot.com juga ya,ada article mnarik bt dibaca,,
    http://youtu.be/gmyKXAlNNLk
    https://www.youtube.com/watch?v=fh59wINDAuM

    siapa tau anda menjadi jutawan mendadak,yuk buruan!!!

    BalasHapus