Label

Jumat, 06 April 2012

Desaku

Kayaknya posting yang lalu juga ada cerita tentang rumahku deh.. hehehehehehe
yang ini sedikit berbeda dengan postinganku yang lalu tentang desaku, Desa Pancasari.

Kemarin tanggal 25 Maret sampai 6 April 2012 aku ada di rumah karena runtutan acara yang begitu banyak. Pertama adalah hari raya Nyepi pada tanggal 23 Maret 2012, aku merayakan nyepi di Singaraja jadi ga dirumah. Nyepi hampir sama dengan tahun-tahun sebelumnya yang diramaikan dengan ogoh-ogoh yang menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan asing.

Setelah hari raya nyepi aku pulang ke rumah, betapa kagetnya kondisi desaku cukup meprihatinkan. Ada longsor di ujung desa, potongan kayu yang telah dibereskan mengonggok di pinggir jalan raya. Sedih sekali rasanya. Belum lagi air danau yang naik hingga kebun dan jalan menuju bumi perkemahan dasong. Air dikebun strowberyku saja sampai selutut. Air danau naik sampai ke pemukiman warga. Beberapa keluarga terpaksa mengungsi karena rumahnya tidak dapat ditempati lagi akibat naiknya air danau. Salah satu sekolah SD pun terendam air sehingga tidak bisa melakukan aktifitas pengajaran sebagaimana mestinya.

Pada hari itu juga aku main ke kebun penasaran liat kebun kayak gimana. Jalan yang biasa digunakan sebagai akses menuju kebun sudah tidak bisa dilewati dengan sepeda motor sehingga harus jalan kaki. Jalan kaki pun harus sangat hati-hati dengan berjalan melalui pematang karena di jalan air sudah sangat tinggi. Sampai di kebun sungguh kaget, tanaman strowbery yang biasanya berbuah merah merkah telah terendam air digantikan oleh anak ikan yang berenang kesana kemari. Ya kebunku sudah berubah menjadi kolam... Adik-adikku sangat senang karena bisa menangkap ikan dengan mudah cukup berbekal jaring kecil cukup banyak ikan yang terjaring. Untuk kembali ke seberang kebun terpaksa kami harus menggunakan perahu karena air yang cukup tinggi untuk dilewati. Bingung, sedih atau senang, sedih karena kebun terendam air, senang karena bisa menangkap ikan dan naik perahu.

Tidak ada hal lain yang bisa dilakukan selain bersyukur dan terus berdoa semoga kondisinya kembali normal dan penghasilan orangtuaku kembali membaik. Astungkara.....

1 komentar:

  1. makasih udah mau berkunjung ke blogku, belakangan sangat sedikit tulisan yang bisa aku posting, karena masalah jaringan hehehehe :)

    BalasHapus