Label

Sabtu, 24 September 2011

ROR #1 Membaca Resep Dengan Baik

Sabtu, 24 September 2011 membuat olahan pisang dengan resep yang disediakan di internet.

pembuatan adonan
Untuk uji coba pembuatan produk, kami (saya dan teman) membuat olahan pisang menjadi donat. Donat pisang yang akan dibuat sedikit meleset dari rencana yang hanya akan membuat pisang goreng. Resep yang digunakan untuk membuat donat pisang telah tersedia di internet sehingga kita hanya perlu mengikuti resep tersebut. Selama proses pembuatan adonan cukup banyak penyimpangan yang terjadi. Gula yang seharusnya tidak dicairkan, kami cairkan dengan air panas, Gula tersebut kami tuangkan ke adonan yang sudah bercampur dengan telur. Karena air masih panas adonan menjadi menggumpal dengan adanya telur yang terkoagulasi. Alhasil kami tambahkan air yang cukup banyak hingga adonan menjadi encer dan tidak dapat dibentuk sesuai dengan keinginan kami. Kami memutuskan untuk menggoreng saja tanpa dibentuk. Hasil gorengan cukup lumayan karena menjadi mengembang seperti donat. Namun, saat kami mencicipi rasanya, kami merasakan rasa asin yang luar biasa. Kami kemudian berpikir letak kesalahan dalam pembuatan adonan yang dilakukan sebelumnya. Kami kembali membaca resep, tidak ada kesalahan yang kami lakukan, kami melakuakan sesuai dengan resep yang tertulis. Lalu kami kemudian menyadari adanya kejanggalan pada resep tersebut, yaitu penambahan garam sebanyak 12 sendok teh. Kami berasumsi penambahan garam seharusnya 1-2 sdt dan kemungkinan terjadi hilangnya tanda strip pada resep yang menyebabkan terbaca 12 sdt.

Kesalahan kami dalam pembuatan makanan yang mengikuti resep tersebut adalah kami tidak menggunkan daya nalar kami untuk memeriksa kebenaran resep tersebut. Tidak mempertimbangkan hal-hal ganjil ang mungkin terjadi.

hasil gorengan
Untuk menetralisir rasa asin kami kemudian menambahkan tepung dan gula sehingga adonan menjad tidak terlalu asin. Penetralan rasa berhasil dilakukan namun donan yang kami hasilkan tidak lagi mengembang melainkan menjadi keras. Pelajaran berharga yang kami peroleh adalah membaca resep secara seksama dan memperhatikan kejanggalan yang mungkin terjadi. Kami siap untuk melakukan uji coba berikutnya....

SEMANGAT..... ;) :) (^_^)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar