Label

Minggu, 06 November 2011

Sampah Jadi Dompet Cantik

Terinspirasi dari buku pengolahan limbah plastik dan liat kreasi olahan limbah plastik di internet membuat aku tertarik buat ikutan bikin kerajinan dari limbah plastik. Banyak banget ternyata sampah plastik yang bisa dolah menjadi kerajinan mulai dari kresek, kulit bekas snack, bungkus kopi, kemasan tetra pack, banyak dah pokoknya... Olahan dapat berupa dompet, tas, tempat pensil, hiasan, dll.

Ada beberapa orang yang tekun menjalani aktivitas mengolah sampah ini menjadi berbagai kreasi dan omsetnya puluhan juta rupiah... sungguh mengiurkan.. akupun tergiur tapi aku belum benar-benar ahli menyulap sampah tersebut menjadi produk kreasi yang unik..

Beberapa bahan sudah diolah dengan memanfaatkan kemasan tertra pack dan kemasan kopi. Semua sampah tersebut diperoleh dari mungut atau minta ke tukang es. Banyak banget sampahnya dan baunya juga ajib hahaha namanya juga sampah. Sayangnya di Indonesia belum terbiasa memisahkan sampah untuk memudahkan pengolahan. Jadilah itu sampah bunkus kopi baunya macam-macam yang udah jelas baunya ga enak.

Tahapan pengolahan sampah adalah sebagai berikut:
1. Cuci bersih sampah plastik yang akan digunakan ( aku juga cuci berkali-kali alnya bau banget hehehehe)
2. Lap kering plastik yang sudah dicuci
3. Siapkan pola/bentuk yang akan dibuat ( tas / dompet)
4. Jahit plastik kemasan sesuai dengan pola yang diinginkan (kalau tidak pintar menjahit seperti saya, plastik dapat ditempel pada karton yang telah memiliki bentuk yang sama dengan pola yang diinginkan)
5. Untuk mempercantik tampilannya bisa dibuat rajutan dipinggirnya

Jadi deh tas/dompetnya hahahahaha... keliahatannya gampang banget kan makanya dicoba... aku dah coba dan inilah hasilnya...


tas kecil dari kemasan tetra pack


dompet dari bungkus kopi..
Ini semua asli buatanku... Kalau mau pesan juga boleh tinggal komen disini hehehe.... untuk harga aku juga ga tau belum ada referensi...

SEMANGAT BERKREASI............................

6 komentar:

  1. saya pesan satu yah,pastiiiii.........

    BalasHapus
  2. lapisan dalamnya pake karton, ya..?

    BalasHapus
  3. Bu, klo mw nyari dmna? Sy bukan mw beli, sy ingin meliput untuk mjalah kampus.

    BalasHapus