Label

Minggu, 24 April 2011

Eksotisnya Bali

Aku sebagai gadis Bali asli cukup berbangga dengan berbagai tradisi dan budaya yang dimiliki pulauku ini. Kemarin saat aku pulang liburan kuliah bertepatan dengan Piodalan (Hari Besar) Pura Dalem di desaku. Sekilas aja tentang Pura Dalem, Pura Dalem diyakini oleh masyarakat Bali(Hindu) sebagai tempat berstananya Dewi Durga yang merupakan istri Dewa Siwa yang bertugas sebagai pelebur. Dewi Durga dikutuk oleh Dewa Siwa karena dianggap tidak setia terhadap suami sehingga rupanya yang ayu menjadi sangat menyeramkan. Berikut perbandingannya:
Dewi Durga Sebelum Dikutuk


Dewi Durga Setelah Dikutuk
Sewaktu aku sembahyang di Pura Dalem aku menyaksikan mengan mata kepalaku sendiri bagaimana dasyatnya magis yang terjadi di sana. Ada beberapa orang terpilih yang merupakan kesenengan Dewa yang ada di Pura Dalem pada kesurupan. Saat upacara 'Mendak' mereka menggunakan topeng yang telah disucikan. Gila tu topeng serem banget dah.... serius... aku aja ngeri banget liatnya takut-takut dihampiri hehehe.. anak-anak dengan kuat memeluk ibu mereka karena takut tidak sedikit yang sambil menangis. Ditambah lagi dengan hujan gerimis makin membuat suasananya gimana gitu...

Setelah upacara 'Mendak' barulah kita bersembahyang kepada para Dewa agar dilimpahkan anugrah-Nya.

ctt: selama aku dibesarkan di desa ini aku baru pertama kali melihatnya karena pada upacara-upacara sebelumnya aku pasti sedang sekolah :( setidaknya sekarang aku bisa melihatnya langsung  :)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar