Label

Minggu, 24 April 2011

Jangan Hanya Out of The Box tetapi Out of Container

Ini merupakan ilmu yang gw dapet dari Pak Nacik (Kelola Mina Laut) ketika gw ama temen-temen TIN berkunjung ke pabriknya. Satu perkataan Pak Nacik untuk memotivasi kita adalah berpikirlah Out of The Box bahkan Out of Container karena Box terlalu kecil... hehehehehe


Berpikir Out of The Box dapat diartikan berpikir diluar kebiasaan orang-orang sebagian besar. Mulai dari menciptakan ide, melihat peluang usaha, dan berpikir apa yang tidak dipikirkan oleh orang biasa. Mereka yang berpikir Out of The Box juga memiliki kemampuan untuk menciptakan trobosan-trobosan yang kreatif dan dapat dimanfaatkan oleh orang banyak. Jika berpikir Out of The Box masih kurang silahkan berpikir Out of Container yang nantinya harus bisa membaca kebiasaan orang yang sangat banyak dan bisa melihat peluang dari setiap hal yang diamati.

Berapa hal yang perlu dimiliki untuk berpikir Out of The Box atau Out of Container
1. Keinginan untuk mengambil ide-ide baru berdasarkan perkembangan informasi
2. Fokus dan bertindak berdasarkan ide-ide yang dimiliki
3. Terbuka pada sesuatu yang berbeda dan melakukan sesuatu dengan cara yang berbeda
4. Berusaha menciptakan nilai dengan cara-cara baru
5. Menerima segala bentuk informasi yang menjadi dasar untuk berinovasi
6. Menghormati pihak lain ketika mereka mengungkapkan ide mereka


Intinya kita harus melihat dunia luar yang begitu luas, pandai melihat peluang untuk usaha. Jangan hanya berpatokan pada satu hal. Bagi yang masih berpikiran berpatok pada satu hal yang sama dengan orang lain itu ga jauh-jauh maknanya dengan katak dalam tempurung. Jika kita mau terbuka untuk melihat dunia luar kita akan mendapat banyak pengetahuan dan ilmu yang mungkin tidak kita dapatkan di bangku kuliah.

Peluang untuk sukses ada dimana-mana kita hanya perlu membuka diri untuk dapat melihat peluang tersebut. Bila dirasa lingkungan kita yang sangat terbatas bagai kotak kecil cobalah untuk membuka lebih lebar menjelajahi dunia, inget lho menjelajahi dunia bukan berarti mendatangi tempat itu satu-satu, sekarang kan ada dunia maya yang mau memfasilitasi kita untuk mengenal dunia yang begitu luas. Ini dapat di ibaratkan Out of Container hehehehe kan lebih besar dari Box @_@!!

Contoh gampang aja ni orang yang berpikir Out of The Box
Saat para warga di suatu desa tergiur oleh keuntungan penjualan buah strowbery sebagian besar warga di desa itu mulai menanam strowbery, apakah warga yang menjadi petani strowbery yang mendapatkan untung paling banyak??? ternyata tidak yang banyak mendapatkan untung adalah mereka yang mau berpikir diluar pemikiran sebagian besar orang, yaitu mereka yang menjual peralatan pertanian strowbery mulai dari bibit, plastik atap, pupuk dan sebagainya. Itu baru perpikir Out of The Box gimana kalo Container???

Jangan biarkan dirimu dikatakan katak dalam tempurung!! Ayo semangat untuk mencari dan melihat peluang jalan kesuksesan !!!

4 komentar:

  1. tulisannya bgs bgt,sedikit mau tanya bgmn cara menyikapi dsaat kita melihat peluang, dan kita berusaha menjalani peluang usaha itu, dan disaat beberapa minggu berjalan dan peluang itu jg dilihat bgs ama orang lain dan mereka membuka usaha yang sama, apa yang harus menyikapi hal tersebut????

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tingkatkan kualitas misalnya anda menjual barang,tingkatkan kualitas barang anda dan kasih ciri khas/identitas yg unik pada barang anda yg orang tidak bisa ikutin

      Hapus
  2. hal yang wajar kalo kita disaingi, yang perlu kita lakukan adalah pertahankan kualitas yang kita miliki, mampu bertahan jangan gampang menyerah kalo bisa tingkatkan lagi pelayanan sehingga pelanggan kita betah.... Ganbate AWAN :) ILU

    BalasHapus
  3. think out of plane aja,. hehhee,, sama aja bunuh diri :p

    BalasHapus