Label

Minggu, 24 April 2011

Semakin Lebarnya Lingkar Danau Buyan

Setiap oang yang berkunjung ke Bali pasti menyempatkan diri untuk singgah di Bedugul. Bedugul merupakan salah satu obyek wisat yang terkenal di Bali. Danau Beratan merupakan danau wisata yang ada di Bedugul. Selain Danau Beratan, Bali juga memiliki Danau Batur (Kintamani), Danau Buyan dan Danau Tamblingan. Danau Buyan dan Danau Tamblingan jarang dikunjungi wisatawan padahal letaknya tidak jauh dari Danau Beratan (Bedugul).

Sekarang ini Danau Buyan mengalami pelebaran karena menampung air hujan yang hampir setiap hari mengguyur desa Pancasari. Kurangnya daerah resapan air, karena hutan mulai berkurang menyebabkan air hujan langsung menuju danau. Akibat melebarnya danau menyebabkan lahan pertanian yang produktiv direndam air hingga ketinggian kurang lebih 2 meter. Keadaan ini membuat petani tidak bisa berkutik, perekonomian desa yang ditunjang oleh kegiatan petanian kini kelihatan menurun.Banyak warga yang menganggur karena tidak ada lahan untuk bertani.

Mungkin bagi sebagian besar orang melebarnya Danau Buyan bukanlah masalah besar  tetapi bagi warga yang bertani disana perlu waktu yang sangat lama untuk menunggu tanah pertanian mereka kering dari air. Dan selama itulah mereka akan mengalami kesulitan perekonomian karena kegiatan pertanian tiak dapat berlangsung. Sejauh yang saya ketahui belum ada tindakan nyata untuk mengatasi masalah krisis lahan pertanian ini. Melebarnya Danau Buyan juga pernah terjadi beberapa tahun lalu dan harus menunggu kurang lebih 5 tahun agar lahan pertanian dapat ditanami lagi.

Danau Buyan

Danau Buyan Mulai Mengalami Pelebaran

Sekedar tambahan informasi Danau Buyan dan Danau Tamblingan dapat dilihat keindahannya dari atas bukit tepatnya di desa Wanagiri. Penomena Danau Buyan yang bersebelahan dengan Danau Tamblingan menyajikan keindahan alam tersendiri. Berikut beberapa gambar pemandangan dari desa Wanagiri :
Kiri: Danau Buyan, Kanan: Danau Tamblingan

Danau Buyan

Danau Tamblingan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar