Label

Sabtu, 16 April 2011

Hubungan Emosi Dengan Sakit Jantung

Depresi Berkepanjangan


Pernahkah marasakan sesak pada dada saat merasakan kesedihan mendalam atau saat emosi kita tidak stabil?? Saya pernah merasakannya beberapa kali saat saya merasa sedih atau dalam keadaan tertekan karena bertengkar dengan cowok atau tugas kuliah yang menumpuk. Ini membuat saya penasaran, adakah hubungannya rasa sedih dan tekanan yang saya alami dengan nyeri di dada saya???

Baca : Natural Health, Detoksifikasi Jantung Anda
            
Kita sebagai perempuan diberikan kehidupan yang kaya emosi. Kita sering merasakan bahagia, namun tiba-tiba mengalami kemunduran emosi. Kekuatan emosi negatif seperti depresi, marah dan kegelisahan ternyata memiliki efek terhadap jantung kita.  Berbeda halnya dengan jantung pria, jatung pria tidak terlalu responsif terhadap rangsangan emosional. Menurut Mehmet OZ, M.D., pakar bedah jantung di NY menyebutkan “Emosi yang buruk menyebabkan ketegangan pembuluh arteri pada perempuan dan menyebabkannya menutup yang menimbulkan rasa nyeri”
           
Kemarahan, kecemasan dan depresi adalah faktor utama perempuan mengalami stres, dan setiapa emosi memiliki efek tersendiri terhadap jantung.
1.        Cemas
Terlalu cemas menyebabkan tekanan darah tinggi. Tandanya adalah sesak di dada dan keluar keringat berlebihan. Mencoba yoga atau berjalan santai dapat membantu anda untuk lebih santai dan mengurangi rasa cemas.
2.        Marah
Perasaan marah menambah ketegangan jantung. Ketika anda mulai marah, aliran darah akan semakin cepat menuju tangan dan wajah, merasakan tenggorokan tercekat dan perut melilit. Perlu untuk mengendalikan kemarahan dengan rileks, santai dan alihkan diri dengan mengatur napas dengan baik, tarik nafas panjang, bermeditasi atau mendengarkan musik yang lembut.
3.        Depresi
Depresi dapat mempertebal pembuluh arteri jantung. Jika sering mengalami suasana hati yang buruk, lambat berpikir, atau lesu, konsultasi diri ke psikolog atau terapis. Ini serius lho.....

Beberapa petunjuk yang diberikan untuk mengutkan jantung adalah:
1.        Mengurangi Depresi
Depresi dan penyakit jantung sangat berhubungan erat. Bisa jadi penyakit jantung menyebabkan depresi atau depresi menyebabkan penyakit jantung. Riset menunjukkan bahwa deprasi meningkatkan hormon stres yang dapat mengakibatkan platelet dalam darah sehingga menjadi lengket. Lama kelamaan, kumpulan platelet darah membahayakan pembuluh darah dan mengakibatkan dinding arteri mengeras dan menebal.
Gejala depresi dapat berupa insomnia, kelelahan, putus asa dialami selama lebih dari dua minggu. Jika mengalami hal tersebut harus segera konsultasi ke doter. Mengurangi dampak depresi dapat dilakukan dengan melakukan olah raga kurang lebih 30 menit per hari. olah raga dapat  menyegarkan otak.
2.        Kendalikan Amarah
Pria dan wanita memiliki perbedaan dalam mengekspresikan kemarahan. Pria cendrung melampiaskanya dengan berteriak atau membanting barang, sedangkan wanita mengekspresikan kemarahan dalam bentuk permusuhan dimana dia memendam amarah yang dimilikinya. Hal ini menyebabkan ketegangan luar biasa pada pembuluh darah. Kita tidak mungkin tidak pernah marah tetapi menyikapi kemarahan dianggap penting. Ekspresikan pikiran dan rasa frustasi anda pada orang terdekat. Perempuan yang menahan emosi atau opininya ketika berbada pendapat dengan pasangannya memilki resiko empat kali lebih besar menderita penyakit jantung dibandingkan dengan mereka yang terbuka.
3.        Tenangkan Diri
Saat mengalami kecemasan berusaha untuk menenangkan diri karena rasa cemas mengakibatkan tekanan darah naik, denyut jantung semakin cepat, dan pembuluh darah membesar. Tenangkan diri dengan melakukan meditasi, seperti yoga atau jalan santai dapat membantu menghilangkan kecemasan. Hindari makanan berkadar gula dan lemak yang tinggi yang dapat menghasilkan energi yang berlebih sehingga mempercepat denyut jantung. Hal itu menyebabkan semakin sulitnya menenangkan diri dalam keadaan glisah bahkan memicu kecemasan. Hindarilah stres yang dapat terjadi saat melakukan pekerjaan apapun.

Begitulah pengeruh emosi terhadap kesehatan jantung kita. So, kita sebagai wanita harus dapat mengelola emosi kita jangan sampai menjadi tidak stabil dan menyebabkan kita kena sakit jantung. Perbanyak berolah raga dan bermeditasi mungkin dapat mengurangi efek depresi. Bagi kaum pria pintar-pintarlah menjaga perasaan wanita karena wanita memiliki perasaan yang sensitif. Jangan sampai membuat wanita yang anda sayangi menderita karena ulah anda, hahahahaha JJ

Tidak ada komentar:

Posting Komentar