Label

Selasa, 10 Mei 2011

Aku anak Teknologi Industri Pertanian

Banyak orang yang memandang sebelah mata pertanian, padahal orang itu belum tau cakupan pertanian yang begitu luas. Orang tidak banyak mengenal pertanian sebagai sesuatu yang sangat menarik untuk dikaji, yang mereka tau pertanian hanya mencangkul di sawah atau melakukan pekerjaan yang berkutat dengan kotoran. Jangankan orang lain banyak teman dan juga orang tuaku menganggap pertanian begitu berat dan pekerjaan yang sangat kasar, tidak sadar mereka hidup dari hasil pertanian. Karena sebagian besar hidup bergantung pada hasil pertanian maka banyak sekali peluang usaha yang dilakukan di bidang pertanian terutama pengolahan hasil pertanian.

Hal ini pula yang melatari aku memilih untuk melanjutkan kuliah di IPB. Yah... memang banyak orang menganggap IPB cuma pertanian, tapi nyatanya IPB dapat mengkaji banyak hal jadi ga ada yang salah dengan pertanian bukan??? Terkadang agak sedih juga melihat teman yang merasa kata pertanian itu rendah, jika dia bertanya jurusan apa kamu di IPB? aku jawab Teknologi Industri Pertanian yang dia lakukan adalah tertawa dan mengatakan oooo pertanian?!?!?!...... so what?????? kenapa memangnya dengan pertanian, tidakkah dia mendengar nama jurusanku dengan lengkap aku anak Teknologi Industri Pertanian, banyak hal yang aku pelajari di jurusanku ini. Semuanya lengkap walaupun tidak secara mendalam setidaknya kalau orang bertanya tentang industri pengolahan hasil pertanian kami anak TIN bisa menjawab. hehehehehe tapi pertanyaannya jangan susah-susah....@.@

Bukan promosi jurusan tapi ini kenyataanya, banyak lulusan jurusan kami yang menjadi orang yang berperan dalam perindustrian dan pasar ekspor impor hasil pertanian secara luas. Pertanian secara luas mencakup pertanian lahan, perikanan, peternakan, kehutanan, agronomi dan hultikultura. Begitu sangat luas cakupannya sehingga sangat banyak peluang yang dapat di gali dari pertanian.

Jangan lagi menganggap rendah pertanian, Indonesia kan negara agraris harusnya kita bangga menjadi petani dan mau mengembangkan pertanian hingga seperti negara agraris lainnya. Bukan meninggalkan pertanian karena merasa hasilnya ga banyak justru kita harus berusaha bagaimana caranya hasil pertanian kita membaik dan pengolahan hasilnya lebih optimal. Pengolahan yang baik akan memberikan nilai tambah yang tinggi untuk komoditi pertanian. Dan itulah yang aku pelajari disini, belajar meningkatkan atau memberi nilai tambah pada produk pertanian.


17 komentar:

  1. SETUJU pastiii cantik,,hehee :)

    slma d bgor ini,,TIN udh trtanam d htiku,,hnya prlu prwtan dn sdkit tmbhn pupuk cnta,,smua mmpi2 akn indah pda wktuny..
    ahahaa..*knpa ke_alay_an ku jd kumat??cckckkkkk :)

    AGROINDUSTRIAL TECHNOLOGY always in my mind.. :)

    BalasHapus
  2. iya risa hhehehe.... kita harus semangat

    BalasHapus
  3. Hallo...saya mau tanya..
    alhamdulillah..saya keterima menjadi anak TIN IPB tahun 2011 ini ...
    saya mau tanya...yang dipelajari di TIN itu apa saja? dan yang menjadi pelajaran dasarnya apa?
    Terima kasih...
    saya sangat menunggu jawabannya....

    BalasHapus
  4. wah belajarnya banyak banget dik.... manajemen iya, proses ia, bisnis ok, IT siiip, kamu akan tau kalo kamu mengikutinya nanti... sukses ya dik :)

    BalasHapus
  5. emh..gtu yah..jdi penasaran..
    makasih infonya kak...
    mhon bimbingannya ya kak...=)

    BalasHapus
  6. sip deh... moga ka bisa bantu.. berarti baru mau masuk TPB yah?? mungkin dijurusan nanti ga ketemu, hehehehe udah mau tingkat akhir, itupun kalo cepet lulus hehehe... kalo mau follow aja ni blog...:)

    BalasHapus
  7. iia..aku baru masuk..
    emh..udh mau tingkat akhir..ayyoo..semoga lulus kak..^^
    ok2..aku follow...n klo mau juga follow back yh..hhe..

    eh kak..bisa cerita dkit2 ttg asramany gag? soal.y penasaran bgt...=))

    BalasHapus
  8. asrama asik ko... sekamar ber-4 jadi seru kalo temennya pada enak.. banyak banget kegiatan asrama yng harus diikuti,,, kalo kamunya bisa cepat beradaptasi pasti deh seru abis... bisa kenal beragam jenis orang...

    BalasHapus
  9. Mau nanya dong kak, kalo TIN itu banyak praktikumnya ga sih? mohon dijawab ya kak, makasih sebelumnya:)

    BalasHapus
  10. Wahhh keren
    Kak, saya minat banget sama TIN tapi saya takut ngak bisa masuk.
    Kak, gimana peminat TIN sekarang kak ??? Kalau saya masuk TIN di IPB bisa ngak kak ???

    BalasHapus
  11. keren blog nya kakak, (y) :) lanjutin terus ya kak pertanian nya, di tnggu kesuksesan nya :D

    BalasHapus
  12. kak kalo TIN itu mapel yang paling ditekanin apa ya?

    BalasHapus
  13. aku tahun lalu daftar tin di unpad sama ipb, tapi 22-nya ga lulus 😥 tahun ini insyaallah mau daftar lagi, semoga tahun ini lolos 😊

    BalasHapus
  14. Kak di TIN ini lebih banyak hafalan apa ngitungnya yah ?

    BalasHapus
  15. kak, kalo perikanan prospeknya bagaimana ? ^^

    BalasHapus