Label

Senin, 02 Mei 2011

Hari Ini Hari Pendidikan!?!?!

Guru Abad 21
Tanggal 2 Mei memang diperingati sebagai hari pendidikan oleh bangsa Indonesia. Tanggal ini dipilih karena untuk menghormati jasa pahlawan Ki Hajar Dewantara yang lahir pada tanggal 2 Mei. Sepanjang siang ini tidak terlihat peringatan khusus yang dilakukan untuk menyambut hari pendidikan ini. Hari ini terkesan sebagai hari biasa dan tidak ada yang istimewa. Seandainya tadi dosen tidak mengucapkan selamat hari pendidikan mungkin baru besok aku sadar kalo hari ini adalah hari pendidikan.

Hari ini mungkin kita harus mengulas sedikit pendidikan di negeri kita yang tercinta ini. Negeri kita yang jaman dahulu kala merupakan tempat belajar orang-orang disekitar seperti Malaysia dan Singapura sekarang sepertinya ketinggalan jauh dibandingkan dengan mereka. Entah kenapa aku mengamati ada sedikit yang aneh disini. Banyak guru yang pada akhirnya kalah maju dengan murid-murid yang mereka ajari. Contoh sederhana saja, guru kita dulu, sekarang kelihatannya tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun yang lalu saat mereka masih menjadi guru kita. Hidup sangat
sederhana atau dapat dibilang pas-pasan. Apa mungkin yang dipikirkan guru  kita sama dengan pemikiran sebagian besar orang di negara kita?? Negara tetangga yang dulu berguru pada kita sekarang melambung di atas kita. Negara kita tetap seperti 'guru' yang hidup sederhana dan banyak juga yang melarat. Apa mungkin kita hanya berpuas diri telah menjadi guru mereka kemudian kita tidak mau maju?? semoga saja bukan itu alasannya.

Saya tidak memojokkan profesi guru, saya tidak akan berarti apa-apa tanpa guru-guru saya. Bahkan saya bercita-cita menjadi seorang guru. Saya hanya ingin perbaikan terhadap sistem pendidikan di Indonesia yang nantinya juga mensejahtrakan guru. Guru yang merasa tidak sejahtera justru akan turun semangatnya untuk mengajar karena harus mencari pekerjaan sampingan agar kebutuhannya terpenuhi. Kita seharusnya sangat menghargai profesi guru bukan sebaliknya. Dan menjadi seorang guru haruslah mampu mengaplikasikan ilmu yang diperoleh untuk kelangsungan hidup yang lebih baik lagi. Guru juga harus mengikuti perkembangan jaman dan jangan hanya berjalan di tempat dengan hanya berpuas diri dengan apa yang telah didapatkan.


Mohon maaf jika tulisan saya sedikit tidak berkenan saya hanya menyumbangkan pemikiran yang mungkin bagi sebagian orang tidak penting. kita harus bersemangat Bangsa Indonesia!!!!! @.@

2 komentar:

  1. yang paling penting ada keadilan d dunia pendidikan jangan sampai terlalu banyak kesenjangan antara daerah kota dengan daerah pedesaan,karena menurut pengamatan saya daerah kota gurunya d satu sekolah bs memenuhi standar dan daerah desa bs sangat kekurangan guru.

    BalasHapus